Rumus Tenses Yang Verb-nya Suka Berubah Mengikuti Subjek dan Objek

Teman, di postingan kali ini saya akan membahas tentang rumus-rumus tenses yang verb alias kata kerjanya berubah menyesuaikan dengan subjek atau objeknya. Ini adalah pengetahuan dasar yang perlu kalian mengerti sebelum kalian mulai menghafal rumus tenses satu persatu. Dengan mengerti konsep seperti ini, tujuan saya adalah agar kalian lebih cepat menghafal dan memahami rumus tenses.

Ketika belajar rumus tenses baik yang verbal nominal maupun yang active passive voice kalian pastinya akan menjumpai beberapa tenses dengan rumus yang disertai keterangan seperti pada contoh rumus present perfect tense berikut ini:
  • Have untuk 1st person, 2nd person dan plural
  • Has untuk 3rd person
Namun pada kenyataannya tidak semua tenses memiliki aturan penggunaan verb seperti itu. Dari 16 tenses, hanya ada beberapa saja yang verb-nya berubah jika subjek atau objek-nya berubah, sedangkan yang lainnya tidak.

Lalu. Tenses apa saja itu??? Yuk langsung kita simak penjelasan di bawah ini:


Sebelumnya kita perlu tahu dulu apa itu 1st person, 2nd person dan 3rd person yang bisa kalian lihat klik di sini serta mengetahui kalau jumlah tenses itu ada 16 buah, 8 adalah bentuk present dan 8 lainnya bentuk past. Ini juga tolong diingat ya :)

Dari 16 tenses tersebut sebenarnya hanya ada 6 yang verb-nya suka berubah. Tapi rumusnya tidak saya tuliskan di sini ya, karena postingan ini hanya untuk menunjukkan tenses apa saja yang verb-nya berubah, dan biar nggak kepanjangan ngejelasinnya. Sebagai gantinya, kalian bisa langsung mengklik nama tenses di bawah ini dan melihat rumus beserta keterangannya yang sudah saya jelaskan di sana.

Rumus tenses yang verb-nya berubah mengikuti subjek atau objeknya (jangan lupa dibaca juga yang rumus active passive voice nya ya):
1. simple present tense
2. present continuous tense
3. simple past tense
4. past continuous tense
5. present perfect tense
6. present perfect continuous tense

Notes: Pada 2 rumus tenses lain, yaitu simple future tense dan past future tense akan ada 2 rumus, yaitu dengan menggunakan will dan be going to. Untuk be going to penggunaan verb-nya juga mengikuti perubahan subjeknya karena rumus hampir sama dengan present atau past continuous tense. Kenapa harus pakai will? kenapa harus pakai be going to? silahkan dilihat perbedaannya di link ini:
rumus will dan be going to biar smakin paham.

Demikianlah rumus-rumus tenses yang verb-nya suka berubah mengikuti subjek dan objeknya. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk mengawali belajar kalian. Jangan lupa untuk membaca related articles berikut untuk mempercepat belajar kalian:
tips menghafal 16 tenses hemat waktu 50%
perbedaan linking verb dan auxiliary verb
5 pola unik irregular verb yang tak disadari pembelajar
loading...

Postingan Populer