Sejarah Lahirnya Bahasa Inggris dan Alasannya Menjadi Bahasa Internasional

Dear pembaca setia bahasainggrismania.com, kita sudah banyak mempelajari seputar tata bahasa Inggris dalam blog ini. Namun ada hal yang selama ini kita lupakan yang menurut saya tak kalah penting, yaitu sejarah lahirnya B. Inggris dan alasan mengapa dijadikan bahasa internasional. Pada postingan ini, saya ingin terlebih dahulu sedikit mengulas tentang sejarah tersebut agar kita mengenal lebih dekat B. Inggris sebelum melanjutkan ke materi selanjutnya.

Sejarah Lahirnya Bahasa Inggris


Bahasa Inggris / English lahir pada abad ke 5. Pada waktu itu, 3 suku bangsa Jerman, yaitu Anglo, Saxon dan Jute melakukan penyerbuan dari arah pantai timur dan selatan Britania Raya yang sekarang daerah itu kita kenal dengan nama "England". Penduduk pribumi Britania Raya sendiri sebenarnya pada saat itu memiliki bahasa asli yang disebut "Celtic", namun karena mereka kalah dan terdesak, banyak penutur asli "Celtic" yang akhirnya lari ke bagian barat dan utara Britania Raya yang sekarang kita kenal dengan nama Wales, Scotland (Skotlandia) dan Ireland (Irlandia). Seiring perkembangan zaman dan karena semakin kuatnya dominasi ketiga suku Jerman tersebut, maka "Celtic" tidak lagi digunakan dan telah punah sejak para penutur asli semuanya meninggal dunia. Sementara itu, kata "English" sendiri diambil dari "Englisc" yang merupakan nama bahasa dari salah satu suku yang melakukan penyerbuan tersebut "Anglo", begitu juga nama daerah yang mereka kuasai "England" yang merupakan istilah dari bahasa Englisc "Englaland".

Perkembangan B. Inggris dibagi menjadi 4 era, yaitu B. Inggris kuno (old English), B. Inggris pertengahan (middle English), B. Inggris modern awal (early modern English) dan B. Inggris modern akhir (late modern English).

Old English digunakan antara tahun 450-1100 Masehi, merupakan bahasa bawaan dari suku Anglo, Saxon dan Jute yang kemudian dikembangkan di Inggris.
Pada tahun 1066 giliran Perancis yang menyerang dan berhasil menahlukan England sehingga banyak istilah terutama dalam bidang hukum dan bisnis diganti menggunakan bahasa Perancis. Pada masa itu juga terjadi perbedaan penggunaan bahasa, dimana orang kalangan atas menggunakan bahasa Perancis dan kalangan bawah menggunakan bahasa Inggris, hingga pada sekitar tahun 1400 bahasa Inggris kembali mendominasi namun ada banyak penambahan kosa kata dari bahasa Perancis. Pada era kedua ini disebut middle English yang digunakan antara 1100-1500 Masehi.
Pada tahun 1500-1800 terjadi banyak perubahan pengucapan, penambahan kosa kata baru dan aturan tata bahasa yang jelas, ini terutama karena pengaruh munculnya karya sastra Renaissance, ditemukannya mesin percetakan dan hubungan komunikasi antara orang Inggris dan luar sering terjadi. Era ketiga ini disebut early modern English. Pada era ini, tepatnya sekitar tahun 1604 adalah juga untuk pertama kalinya kamus B. Inggris diterbitkan.
Pada tahun 1800- sekarang, yang disebut late modern English, kembali terjadi penambahan kosa kata baru- namun pengucapan tetap sama, hal ini karena penjajahan yang dilakukan kerajaan Inggris ke negara-negara lain, sehingga banyak bahasa yang berasal dari negara coloni tersebut diserap ke B. Inggris, serta terjadinya revolusi industri dan perkembangan teknologi yang mengharuskan adanya istilah-istila baru.

Kenapa Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa internasional?


Hal ini karena kerajaan Inggris memiliki daerah jajahan yang paling luas, hingga seperempat belahan dunia pernah dikuasai, bahkan Amerika pun juga merupakan bekas jajahan Inggris, akibatnya orang-orang dari negara jajahan mereka sudah familiar dengan B. Inggris. Selain itu, Inggris merupakan tempat pertama kali industrialisasi muncul dan berkembang, sehingga istilah-istilah dalam bidang industri banyak yang menggunakan B. Inggris. Karena kedua alasan tersebut, maka disepakati bahwa B. Inggris digunakan sebagai bahasa internasional.

Lihat juga:
loading...

Postingan Populer