Contoh Kalimat Sapaan / Greeting Bahasa Inggris Yang Umum Digunakan

What's up ? kamu pernah mendengar salam sapaan itu? yaps, itu adalah salah satu kalimat sapaan dlm B. Inggris, menjadi terkenal setelah dipakai sebagai nama sosial media, yaitu WhatsApp.


Mungkin banyak antara kita yang hanya familiar dengan salam sapaan / greeting 'how are you?' , 'hello' atau 'hey' saja. Namun ternyata masih ada lagi, bahkan banyak, kalimat sapaan yang bisa dipakai untuk menyapa orang ketika berjumpa. Meskipun begitu, kita haruslah tahu kapan menggunakan kalimat tersebut; siapa yang kita sapa? apa yang kita tanyakan? dalam situasi formal / casual?.


Berikut ini puluhan contoh kalimat sapaan dan penggunaannya dalam percakapan:

1. What's up? / What's new?

Ini adalah sapaan casual, digunakan untuk menanyakan kejadian yang mungkin telah kita lakukan / alami. Orang yang kita tanya haruslah orang yang sudah kita kenal / sudah pernah bertemu, namun jangan ke guru, atasan atau orang yang di-tua-kan, tdk sopan. Antar teman saja. Untuk menjawabnya bisa dengan 'nothing' , 'not much' , 'not too much' atau bisa dgn menceritakan hal baru apa yang kita lakukan kemarin-kemarin, dan jika ingin bertanya balik, dgn 'what about you?'.

Bagong: Hey, what's up bro? (hei, ngapain aja nih bro?)
Semar: nothing (nggak ngapa-ngapain) what about you? (lha kamu sendiri ngapain aja?)

2. What's going on?

Ini lebih untuk menanyakan apa yang sedang teman kita alami saat itu juga. Misal Erwid bertemu Priska di jalan, Erwid melihat Priska seperti sedang kebingungan. Erwid: what's going on Pris? (apa yang sedang terjadi Pris?) Priska: I lost my sel phone (aku kehilangan hp-ku). Jawabannya tergantung apa yang kita alami, dan sekali lagi ini utk orang yang sudah kita kenal / teman, dan dlm situasi casual, bukan utk guru, atasan, boss, dll.

3. Hey / Hey man / Hi / Hello

ini umum digunakan untuk menyapa seseorang dalam situasi casual. Hindari penggunaannya untuk menyapa orang yang di-tua-kan, seperti guru, boss, atasan, dll. Khusus 'hey' hanya untuk orang yang sudah kita kenal / pernah bertemu, karena jika kita menyapa orang yang tak kita kenal dgn kata ini, mereka akan mengira kita sudah pernah bertemu, dan akan bingung serta berusaha utk mengingat siapa kita, dianggapnya kita SKSD; sok kenal sok dekat.

4. How's it going? / How are you doing?

Ini lebih untuk menanyakan kabar kita sekarang, merupakan bentuk sapaan casual dari 'how are you?'. Untuk menjawabnya bisa dgn it's going well atau I'm doing well, atau dgn singkat saja 'good' , 'not bad' dan 'nice'. Jika ingin bertanya balik, katakan 'and you?'. Meskipun sapaan ini boleh digunakan untuk semua orang, namun kepada orang yang di-tua-kan dan orang yang tak begitu akrab agar lebih sopan gunakan 'how are you?' saja.

5. How's everything? / How are things? / How's your life?

Ini sapaan casual untuk menanyakan apa saja tentang kehidupan kita, umumnya untuk orang yang sudah kita kenal. Untuk menjawab cukup dgn 'good' atau 'bad' atau kita bisa menceritakan tentang sekolah kita, kehidupan rumah tangga kita, keluarga dan apapun itu. Jika ingin bertanya balik bisa menggunakan 'what about you?'.

6. How's your day? / How's your day going?

Ini sapaan casual untuk menanyakan kabar kita sepanjang hari ini. Menjawabnya dengan it's going well atau cukup dgn 'good' , 'fine' , 'bad' atau 'allright'.

7. Long time no see / It's been a while

Ini juga sapaan casual, biasa untuk menyapa teman yang lama tak jumpa terutama jika pertemuan tersebut terjadi tanpa sengaja. Misal si Siti Maimunah beberapa bulan merantau ke Jakarta, kemudian dia pulang kampung. Suatu hari dia ke pasar dan tanpa sengaja bertemu dgn Rohayati, sahabatnya waktu SD, maka sapaan ini is ok untuk digunakan. Mungkin sambil bersalaman atau berpelukan karena saking gembiranya. Lalu dilanjutkan dengan sapaan kabar, seperti how's your life? dll.

8. Good to see you / Nice to see you Nice to see you again

Ini untuk menyapa orang yang kita kenal dan sudah beberapa waktu tak bertemu. Orang tersebut bisa yang sudah akrab ataupun kurang akrab. Orang yang akrab misal sahabat atau teman satu kelas, sedang orang yang kurang akrab misal teman satu sekolahan namun beda jurusan, dia IPA dan kita IPS, intinya kenal tapi tak begitu dekat.

Agar lebih formal, kata 'see' pada 'nice to see you again' bisa diganti dgn 'meet' , itu jika kita merasa kalau orang yang kita sapa lebih tua atau perlu kita hormati, karena penggunaan 'see' lebih kepada teman yang seumuran kita atau di bawah kita.

9. Are you ok?

Ini untuk menyapa teman kita. Misal kita melihat teman kita sedang mengotak-atik computernya, dan dia kelihatan stress, maka ini cocok digunakan. Contoh lain, ketika kita melihat teman kita wajahnya pucat, mungkin dia sakit atau kenapa-napa.

10. Are you with me?

Ini seperti untuk menegur seseorang. Misal, dan ini kisah nyata, waktu itu dosen sedang mengajar di kelas dan saya sibuk main HP, kemudian beliau menegur 'Tito, are you with me?', maksudnya apakah saya memperhatikannya. Jika teman kalian sedang kalian ajak bicara tetapi kelihatan bengong / sibuk mainan Hp sendiri atau tak memperhatikan kalian, ini cocok digunakan.

10. Good morning / Good afternoon / Good evening / Good night

Ini salah satu sapaan formal. Penggunaannya disesuaikan dengan waktu kita menyapa, pagi / siang / malam. Khusus 'good night' adalah kata sapaan untuk salam perpisahan sebagai ganti 'good bye'. Misal Doni habis jalan dengan Yulia, sesampainya Doni mengantar Yulia di depan rumah, kemudian Doni mau pulang, dan mereka pun akan berpisah, salam perpisahannya adalah 'good night'. Contoh lain ketika kita pd malam hari menelfon teman kita, setelah selesai ngobrol dan ingin menutup telfon, maka salam penutupnya 'good night'. Sedang 'good evening' digunakan ketika menyapa orang pada waktu senja atau mungkin sehabis maghrib, namun ini ketika baru bertemu atau mau menelfon, bukan ingin berpisah atau menutup telfon.

11. It's nice to meet you / Please to meet you

Ini salah dua sapaan formal yang bisa kita gunakan. Umum dipakai ketika kita baru bertemu seseorang pertama kali.

Misal Wiranto pacaran dgn Tumini, suatu hari mereka ketemuan, kebetulan Tumini mengajak sahabatnya bernama Karina, lalu Wiranto dan Karina dikenalkan oleh Tumini satu sama lain, maka Wiranto bilang ke Karina: nice to meet you (senang bertemu denganmu) dan Karina: nice to meet you too. Jika di kemudian hari Wiranto dan Karina bertemu lagi, maka sapaannya sudah berbeda, yaitu: nice to see you again. nice to see you again, bukan I love you.

12. How have you been?

Sapaan formal ini digunakan untuk orang yang sudah saling kenal, ingin menanyakan kabar semenjak mereka berpisah beberapa waktu lalu. Misal, Hesti dan Fani adalah teman waktu ngampus, setelah lulus, mereka sudah 6 bulan tak jumpa dan tak berkomunikasi, lalu mereka chatting lewat WhatsApp, maka 'how have you been?' adalah sapaan yang cocok. Untuk menjawabnya dengan 'I have been great' atau lainnya.

13. Where have you been hiding? / Where have you been keeping yourself?

Ini untuk menyapa teman yang lama tak menampakkan batang hidungnya. Kalau diartikan seperti: eh kemana aja kamu, kok lama nggak nongol?. Jawabannya bisa I've been busy (aku sibuk) atau apapun, misal aku bertapa di gua, dll.

14. How do you do?

Ini sapaan sangat formal dan sopan sekali. Digunakan untuk orang yang baru pertama kali bertemu dan mungkin orang tersebut perlu kita hormati, seperti tamu penting, wisatawan, kepala personalia, pimpinan perusahaan, atau orang yang umurnya lebih tua dari kita. Kalau diartikan, ini seperti menanyakan kabar tetapi dengan harapan kabarnya baik (bagaimana kabar anda, baik bukan?), ini berbeda dgn how are you? yang hanya bertanya kabar tanpa berharap (bagaimana kabarnya?). Untuk menjawabnya dgn kalimat yang sama juga 'how do you do'. Kenapa jawabannya sama seperti si pemberi salam? karena ini seperti orang Islam meng-amini do'a si pemberi salam dgn bilang 'ya, alhamdulillah baik'.

Contoh, dulu saya pernah praktek jadi tour guide / pemandu wisata (ini cerita saat dlm matkul Tourism / kepariwisataan), waktu itu saya dan teman-teman prakteknya di dalam bus. Bayangkan saya atau mungkin diri kalian sendiri berdiri sambil pegang mix di dekat pintu depan bus menghadap ke para penumpang, dan sebagai salam pembuka sebelum memperkenalkan nama dan asal diri adalah:

Tito: Good morning ladies and gentlemen (selamat pagi ibu dan bapak)
Bule: Morning
Tito: How do you do (bagaimana kabarnya, baik bukan?)
Bule: How do you do (ya baik)
dan dilanjutkan dgn perkenalan nama....dst.

Punya gambaran ya, apa artinya dan kapan harus menggunakan ini?. Sebelum saya tahu, dulu saya dan teman-teman kalau menyapa satu sama lain pakainya ini, padahal kami sudah akrab, dan ternyata itu salah. Yang benar penggunaannya adalah seperti yang saya contohkan di atas.

15. What do you do?

Ini menanyakan apa kesibukan / pekerjaan / profesi kita sehari-hari. Jawabannya misal I own a small business (punya usaha kecil-kecilan), I work in Semarang, I work for Mr. John (ini digunakan jika kita ingin menunjukkan siapa boss kita), atau menjelaskan jabatan kita, I'm a doctor, I'm a manager, I'm a teacher, dll.

Cerita lagi, dulu saya dan teman-teman memakai ini untuk menanyakan apa yang sedang kami lakukan saat itu juga, ternyata ini salah, ini adalah sapaan untuk bertanya pekerjaan / profesi kita. Untuk menanyakan apa yang sedang kita lakukan saat ini juga yaitu dengan kalimat sapaan nomor 16 di bawah ini.

16. What are you doing?

Ini menanyakan apa yang sedang kita lakukan saat ini juga. Misal Amin sedang di depan laptop-nya mencet-mencet mouse, si Faris dari seberang kursi bertanya: Min, what are you doing? (Min, apa yang sedang kamu lakukan?) Amin: I'm downloading mp3 (lagi download mp3).

17. What has happened?

Ini untuk menanyakan suatu peristiwa yang terjadi. Lebih formal dari pada what's going on?, dan bisa untuk bertanya ke siapa saja. Misal saat lewat di jalan kita melihat kerumunan orang, lalu kita bertanya kepada salah satu orang yang ada di sana: what has happened? (apa yang terjadi?), jawaban: an accident (kecelakaan) atau jawaban lainnya sesuai yang terjadi.


Demikian penjelasan tentang kalimat sapaan / greeting yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Maaf jika masih belum lengkap atau ada kata yang kurang berkenan. Terima kasih sudah membaca :)

Recommended:
loading...

Postingan Populer