Arti Girlfriend, Girl Friend, Boyfriend, Boy Friend, Darling dan Sweetheart- Penjelasan Lengkap

7 jam sebelum artikel ini saya tulis, teman laki-laki saya, sebut saja Agus, bertanya; pacar itu B. Inggrisnya apa? lalu saya jawab; kalo kamu menyebut pacarmu girlfriend. Dia tanya lagi; kalo pacarku nyebut aku apa? saya jawab lagi; boyfriend. Dia ternyata protes; bukannya girlfriend itu teman perempuan, boyfriend itu teman laki-laki?... singkat cerita, obrolan kami pun berlanjut kesana-kemari.

Dari obrolan kami semalam, baik dengan Agus dan lainnya, ternyata banyak di antara mereka yang masih belum begitu paham arti girlfriend, girl friend, boyfriend dan boyfriend. Setahu mereka girlfriend dan boyfriend adalah teman perempuan dan laki-laki, sedang pacar mereka menyebut darling. Mungkin isi obrolan kami 7 jam lalu ini kurang penting, nggak penting bahkan sangat nggak penting untuk dibaca, namun karena si Agus, maka saya jadinya ingin menyampaikannya juga di sini agar yang 'belum tahu' juga bisa ikut-ikutan tahu, khususnya bagi yang masih 'muda'.

girlfriend dan girl friend, boyfriend dan boy friend ternyata memiliki makna yang berbeda. Berdasar catatan sejarah, sebelum thn 1990-an girlfriend dipakai utk menunjuk pada teman perempuan dari seorang perempuan, misal Fina menyebut Niken adalah girlfriend-nya, dan sebaliknya. begitu juga boyfriend yang dipakai utk menunjuk ke teman -laki-laki dari seorang laki-laki. Namun, pada sekitar awal thn 1990-an, oleh muda-mudi AS dilakukanlah sedikit pergeseran makna dari girlfriend dan boyfriend yang artinya teman perempuan dan laki-laki menjadi pacar. Sementara untuk menyebut teman perempuan dan teman laki-laki secara umum, diberi jarak spasi; girlfriend menjadi girl friend, boyfriend menjadi boy friend. Misal Doni menyebut Ana adalah girl friend-nya, begitu juga Sinta menyebut Ana girl friend-nya. Untuk boy friend aturannya juga begitu. Kini dlm bahasa Slang, mereka disingkat GF dan BF.

Lain lagi dgn darling dan sweetheart, meskipun mereka juga merujuk ke seseorang yang punya hubungan dekat dengan kita, namun secara harfiah darling berarti orang yang kita sayangi dan sweetheart orang yang kita kasihi; my darling = sayangku, my sweetheart = kekasihku.

2 kata ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengekpresikan rasa kasih dan sayang kita kepada pacar, tapi bisa juga untuk mengekpresikan rasa kasih sayang kita misal terhadap ibu, bapak, suami, istri, anak, sahabat, dll.



Doni's girlfriend = pacarnya Doni
Doni's girl friend = teman perempuannya Doni
Fina's boyfriend = pacarnya Fina
Fina's boy friend = teman laki-lakinya Fina
My darling = sayanggku
My sweetheart = kekasihku

Untuk mengatakan 'mantan pacar' cukup tambahkan 'ex' di depannya

ex boyfriend
ex girlfriend



Mungkin dlm bahasa tulisan mudah dibedakan antara girlfriend dan girl friend, boyfriend dan boy friend karena bisa dibaca, namun gimana kalo itu ada dlm bahasa lesan, maksudnya hanya berupa ucapan dari seseorang?. Kalo seperti itu, kita harus mengetahui kontek obrolannya dulu, apa sih yang sedang kita bicarakan?, tentang teman / pacar.



Cukup sekian penjelasannya, semoga bermanfaat khususnya utk yang belum tahu. Terima kasih sudah membaca :)
loading...

Postingan Populer