4 Perbedaan Must dan Have To Bahasa Inggris

Apa saja 4 perbedaan must dan have-to? Yuk langsung saja kita simak penjelasannya di bawah



Must merupakan modal auxiliary yang digunakan untuk mengekpresikan sebuah keharusan (obligation), yang bisa berupa rekomendasi dari orang lain ataupun atas keinginan diri sendiri / berdasarkan perasaan / feeling.

contoh, nmr 1 adalah berdasar rekomendasi dan nmr 2 berdasarkan atas keinginan diri sendiri:

  1. You must work hard (kamu harus bekerja keras)
  2. I must call him now (aku harus menelfon dia sekarang)

sedangkan have-to bukan merupakan modal auxiliary, namun ini mirip adjective dan lebih cenderung digunakan untuk mengekkpresikan keperluan (necessity). Artinya suatu hal dilakukan bukan atas dasar keinginan sendiri tetapi karena ada faktor lain / alasan yang memaksa dan apabila tidak dilakukan mungkin akan ada dampaknya.

contoh:

  1. I have to submit my assignment or my teacher will be angry (aku harus menyerahkan tugasku atau guruku akan marah); dampaknya guru akan marah.
  2. I have to pay my debts even though I don't have money (aku harus membayar hutang-hutangku meskipun aku tak punya uang); dampaknya mungkin rumahku akan disita jika tak membayar.



Must hanya digunakan dalam bentuk present / masa sekarang, baik untuk saat ini atau nanti / waktu berikutnya, tidak untuk past / masa lampau.

contoh, nmr 1 waktunya saat ini juga dan nmr 2 waktu berikutnya / future:

  1. I must visit my friend now (aku harus mengunjungi temanku sekarang)
  2. I must visit my friend tomorrow (aku harus mengunjungi temanku besok)

sedangkan have-to bisa digunakan dalam bentuk present dan past, dan akan mengalami perubahan bentuk jika tenses atau subjeknya berubah.

Contoh, nmr 1 bentuk present dgn subjek plural menggunakan 'have', nmr 2 bentuk present dgn subjek 3rd singular menggunakan 'has' dan nmr 3 bentuk past menggunakan 'had' :

  1. They have to use eyeglasses if want to see solar eclipse (mereka harus menggunakan kaca mata jika ingin melihat gerhana matahari)
  2. The weather is cold, she has to wear a jacket (cuacanya dingin, dia harus pakai jaket)
  3. I had to sweep the floors because it was very dirty (aku harus menyapu lantainya karena sangat kotor)



Untuk bentuk negative, must diartikan agak berbeda dari bentuk positifnya, bukan 'tidak harus' tapi 'tidak seharusnya' atau 'tidak boleh', ini lebih berfungsi utk mengekpresikan larangan (prohibition), rumus seperti biasa (S+must+not+verb1+O/Adv).

contoh:

  • Your car must not park at the sidewalk (mobilmu tdk seharusnya / tdk boleh parkir di trotoar)

sedangkan have-to diartikan sama dgn bentuk positifnya 'tidak harus' namun dgn rumus berbeda (S+do/does/did+not+have to+verb1+O/Adv) ini karena have-to bukan merupakan modal auxiliary, seperti yang sudah saya jelaskan di atas, jadi memerlukan auxiliary lain yaitu do/does/did.

contoh:

  • You didn't have to ask permission to me to read this article (kalian tdk harus meminta izin ke saya utk membaca artikel ini)



Untuk bentuk interrogative, must menggunakan susunan rumus seperti biasa (must+S+verb1+O/Adv).

contoh:

  • Must I come to your house now? (haruskah aku datang ke rumahmu sekarang?)

sedangkan have-to memerlukan auxiliary lain 'do/does/did' sama seperti pada bentuk negatifnya, dgn susunan rumus (do/does/did+S+have to+verb1+O/Adv).

contoh:

  • Does he have to work hard? (apakah dia harus bekerja keras?)



Lihat juga:

Sekian pembahasan tentang perbedaan antara must dan have-to, semoga bermanfaat.
loading...

Postingan Populer