Pengertian, Contoh Present Subjunctive dan Past Subjunctive- Bahasa Inggris

Pengertian Subjunctive


Subjunctive merupakan kata kerja yang digunakan untuk menjelaskan suatu imajinasi, saran, keinginan, opini dan harapan dimana pada kenyataannya semua itu tidak sama dengan faktanya, atau semua imajinasi, saran, keinginan, harapan tersebut belumlah terlaksana atau terjadi. Kata kerja subjunctive biasa digunakan dalam situasi formal baik secara lesan maupun tulisan, dalam karya sastra, meskipun demikian, ini jarang digunakan karena pola kalimatnya tidak umum dan rawan terhadap kesalahan baik dari sisi penulis / pembicara itu sendiri ataupun dari para pembaca / pendengarnya. Namun kita tetap perlu mengetahuinya karena kalimat ini sering muncul dalam ujian, terutama test toefl dan saat kuliah.

Macam dan Aturan Kalimat Subjunctive


Ada dua (2) macam subjunctive, yaitu past subjunctive dan present subjunctive. Past subjunctive digunakan untuk mengungkapkan imajinasi, saran, keinginan, opini dan harapan yang mengacu pada masa lampau, sedang present subjunctive mengacu pada masa sekarang. Karena masing-masing rumus aturannya berbeda, maka kita harus benar-benar memperhatikan aturan menyusunnya tersebut.

Kalimat subjunctive biasanya menggunakan conjunction as if / as though (seolah-olah), if only (seandainya, dan unless (kecuali). Selain itu, kalimat subjunctive juga menggunakan kata kerja khusus, seperti wish, suggest, recommend, pray, demand, insists, ask, command, propose, order, request, etc, dan adjective, seperti important, crucial, vital, necessary, desirable, urgent, essential, etc dengan imbuhan conjunction "that" di belakangnya- (untuk menghubungkan antar clause.

Contoh dalam present subjunctive:
  1. She acts as if / as though she be an artist (Dia berlagak seolah-olah dia seorang artis)
  2. If only she teach me, I will more understand (Seandainya dia mengajar aku, aku akan lebih paham)
  3. I will always call you unless I be busy (Aku akan selalu menelfonmu kecuali kalau aku sibuk)
  4. I wish that she come tomorrow (Aku berharap dia datang besok)
  5. It's important that he submit his homework (Penting baginya untuk menyerahkan Pr-nya)

Notes:
  • Untuk to be (is,am,are) dalam dependent clause tidak digunakan, tetapi diganti dengan "be", lihat pada contoh di atas, " as if / as though she be an artist" merupakan dependent clause dan to be pada kalimat tersebut tidak menggunakan "is" tetapi "be". Ini untuk semua subjek baik singular maupun plural. Contoh lain dapat dilihat pada kalimat nmr 3.
  • Untuk main verb juga demikian, dalam dependent clause semua harus menggunakan verb bentuk 1 (base form), seperti contoh di atas, "if only she teach me" merupakan dependent clause dan verb "teach" tetap utuh tanpa imbuhan es "teaches" meskipun subjek merupakan 3rd singular person. Contoh lain dapat dilihat pada kalimat nmr 4 dan 5.

Contoh dalam past subjunctive:
  1. He laughed loudly as if / as though he were happy (Dia tertawa ngakak seolah-olah dia bahagia)
  2. If only I were at there I would help you (Seandainya aku ada di sana, aku akan membantumu)
  3. Nani would study English unless she were working (Nina akan belajar B. Inggris kecuali dia sedang bekerja)
  4. I suggested that she visit her parents (Dia aku sarankan untuk mengunjungi orang tuanya)
  5. It was urgent that Merlin meet his boss (Mendesak bagi Merlin untuk menemui bossnya)

Notes:
  • Semua subjek menggunakan to be "were" termasuk 3rd singular person, 1st person, 2nd person dan plural. Pada contoh pertama, "as if he were happy", to be menggunakan "were" bukan "was". Contoh lain dpt dilihat pada kalimat nmr 2 dan 3. Ini penempatannya di dependent clause-nya bkn independent clause.
  • Jika kata kerja yang digunakan adalah main verb, maka kata kerja tetap menggunakan verb 1. Contoh pada kalimat ke empat, dependent clause "that she visit her parents" verb-nya tetap "visit" bukan "visited". Contoh lain ada pada kalimat nmr 5.

Dalam kalimat seperti contoh ke empat, main verb bisa ditambahkan modal auxiliary "should" menjadi seperti di bawah ini:
  • I suggested that she should visit her parents (Aku menyarankan bahwa dia sebaiknya mengunjungi orang tuanya)
atau kita bisa juga membuat kalimat agak berbeda seperti ini (yang dirubah independent clause-nya):
  • It was suggested that she visit her parents (Disarankan untuk dia mengunjungi orang tuanya)

Jika independent clause ingin dirubah ke negative, kalimatnya seperti ini:
  • I didn't suggest that she visit her parents (Aku tidak sarankan dia mengunjungi orang tuanya)
  • It wasn't suggested that she visit her parents (Tidak disarankan baginya untuk mengunjungi orang tuanya)
dan jika dependent clause-nya yang ingin dirubah, susunannya seperti ini( perhatikan letak kata "not" nya):
  • I suggested that she 'not' visit her parents (Dia aku sarankan untuk tidak mengunjungi orang tuanya)

Sekian pembahasan tentang subjunctive dan aturan dalam menyusunnya, mudah-mudahan bisa dipahami dan bermanfaat untuk semua. Silahkan ditambahkan jika masih ada yang kurang dan dibenarkan jika ada yang salah :)

Baca juga:
loading...

Postingan Populer