Pengertian, Contoh, Perbedaan Direct dan Indirect Object Serta Object Complement Bahasa Inggris

Dalam susunan sebuah kalimat sering kali kita menemukan 3 jenis object, yaitu direct object, indirect object and object complement (objek langsung, objek tak langsung dan pelengkap objek).

Di postingan kali ini, saya akan mencoba membahas ketiga jenis objek tersebut dengan sederhana namun saya harap bisa mengupas tuntas secara keseluruhan.

Direct Object


Direct object yaitu seseorang atau suatu benda yang dikenai sebuah tindakan oleh subjek. Object ini menjawab: apa yang dilakukan siapa?.

  1. I drank a glass tea (Aku meminum segelas teh)
  2. Ronaldo kicked the ball (Ronaldo menendang bolanya)
  3. Jerry hit Tom (Jerry memukul Tom)

Pada ketiga kalimat di atas, a glass tea, the ball dan Tom merupakan direct object yang menerima sebuah aksi dari subjek.

Indirect Object


Indirect object yaitu seseorang atau suatu benda yang mendasari subjek untuk melakukan sesuatu. Object ini menjawab: untuk siapa hal itu dilakukan, atau kepada siapa?.

  1. I sent a letter to Eka (Aku mengirimkan sepucuk surat ke Eka)
  2. I gave much money for my brother (Aku memberikan banyak uang untuk saudara laki-lakiku)

Pada kedua kalimat di atas, a letter dan much money merupakan direct object sedangkan Eka dan my brother merupakan indirect object.

Yang perlu diperhatikan ialah penggunaan preposisi/ kata depan “To” dan “For” yang harus ada sebelum indirect object atau setelah direct object. “To” bisa diartikan kepada/ke/ meski terkadang bisa juga berarti untuk, sedang “For” bisa diartikan untuk/buat/bagi.

Namun jika kita ingin menyusun kalimat yang agak beda tapi sama maknanya, kita dapat menukar posisi antara direct dan indirect object, dan menghilangkan preposisi “To dan for”.

Perhatikan dan bandingkan juga cara mengartikannya dengan contoh di atas tadi. Lihat pada kalimat terjemahan yang sudah saya tulis disampingnya. Mengirimkan menjadi mengirimi, memberikan menjadi memberi, dan penghilangan kata ke dan untuk.
Contoh:
  1. I sent Eka a letter (Aku mengirimi Eka sepucuk surat)
  2. I gave my brother much money (Aku memberi saudara laki-lakiku banyak uang)

Notes:
* Setiap kali ada indirect object maka harus ada juga direct object sebab akan beda kasus jika ada kalimat seperti di bawah ini:

  1. I work hardly for my family (Aku bekerja keras untuk keluargaku)
  2. He swims everyday to be the best swimmer (Dia berenang setiap hari untuk menjadi perenang terbaik)

Pada kalimat di atas tidak ada direct object sehingga kata benda “my family” dan “the best swimmer” bukan merupakan indirect object melainkan kata keterangan (adverb) yang menjawab: untuk "kepentingan" siapa/ untuk "kepentingan" apa?, bukan menjawab untuk siapa?.

Baca juga:

Object Complement


Object Complement atau pelengkap objek yaitu kata atau phrase yang menerangkan tentang direct object. Letaknya dibelakang setelah direct object. Object complement bisa berupa noun atau adjective.
  1. They call him Samson (Mereka memanggilnya Samson)
  2. She named her baby Andi (Dia memberi nama bayinya Andi)
  3. This lesson makes me crazy (Pelajaran ini membuatku gila)

Pada ketiga kalimat di atas, Samson, Andi dan crazy merupakan object complement yang menerangkan direct object di depannya: him, her baby and me.

Demikian pembahasan tentang direct dan indirect object serta object complement, semoga penjelasannya bisa membantu semuanya dalam mempelajari bahasa Inggris. Terima kasih sudah membaca, jika ada pertanyaan silahkan mengisi di kolom komentar.

Lihat ini juga:
loading...

Postingan Populer